Mencoba Memberi Wawasan

BAB II MEMODIFIKASI BENTUK DASAR 2 DIMENSI




  1. Memodifikasi bentuk dasar 2 dimensi




1.)Erase 

Modify – Erase                                                                                                                                             

Select object dengan (dibawah ) lalu tekan enter

All                    : seluruh yang ada

Cpollygon          : seluruh yang tersinggung dalam polygon tertutup

Wpollygon         : seluruh yang masuk didalam polygon tertutup

Fance               : seluruh yang tertimpa garis pemilih

Group               : seluruh yang ada dalam group

Add                  : bila pemilih masih kurang dan perlu ada pembenahan lagi

Remove            : bils pemilih perlu mengurangi dari sebagian yang terpilih

2.) Copy 

Modify – Copy,pilih object ayng akan dicopy kemudian enter,kemudian geser atau sisihkan arah yang akan di tuju,kalau lingkaran yang di-klik titk pusatnnya terlebih dahulu.

3.)     Mirror (pencerminan )

Modify – Mirror,atau langsung pada icon menu yang telah disediakan.

Pilih objecnya kemudian kita tentukan garis pusat putar kemudian kita putar dan kemudian di-klik.

4.)     Offiset 

      Modify – offiset atau langsung pada icon yang disebelah kiri layer,kemudian baca commad yaitu beberapa jaraknya,kita isikan setelah itu enter dan bawa ke kanan,kekiri,keatas,kebawah,dan garis utama.Sifat dari offiset seperti copy namun hanya garis bukan bidang.

5.)     Array 

Modify – Array atau langsung pada iconnya,klik object kemudian enter,kemudian akan muncul polar atau regtanggular.Pilih salah satu.

Pilihan R (rectangular )

Enter the number of arrows (- - - ) <1> : jumlah baris

Entetr the number of  coloms (III) <1> : jumlah kolom

Enter the distance between rowns ofr specify unit cell (- - -) :           jarak antar baris

Pilihan P (polar)

Klik pusat lingkaran array,beberapa jumlah seginnya,berapa sudut cakupannya,dan apakah   subyek array berputarAray adalah alat dimana kita tidak perlu membuat banyak gambar jika gambarnya bersifat majemuk.

6.)     Rotate

Modify – rotate,pilih object yang akan diputar,terlebih dulu kita ketahui letak UCS pada sumbu Z, karena sumbu Z merupakan sumbu putar pada proses rotate ini,kemudian kita putar dengan bantuan polar maka kita ketahui beberapa derajat arah perputran

7.)     Scale

Modify – Scale,klik object kemudian klik dasar penskalaan kemudian masukkan angka skala atau R.

8.)     Stretch (merentang)

Modify – stretch

Select object  to stretch by crossing – window or crossing polygon…

Selec object :

Specify base point or displacement :

Specify second point displacement :

9.)     Lengthen (merubah panjang)

Modify – lengthen

             Select object or [Delta/PercentTtota/Dynamic]:

Delta     : memasukkan selisih

Percent   : memasukkan persentase tambahan

Total     : nilai total akhir

Dynamic : perubahan dengan menggeser mouse

10.) Trim (memotong dengan batas garis lain)

Modify – trim,kemudian klik dari kiri kekanan gambar yang akan di trim kemudian klik kanan,kemudianpotong garis-garis dengan klik.Pada commad juga terdapat pilihan edge yang berarti exsted,no exted,kemungkinan pemotongan tidak terpotong langsung dengan yang dipotong.Dan project yang memungkinkan Trim dalam 3 Dimensi.

11.) Extend  (memperpanjang dengan baras garis yang lain)

Modify – extend,klik batas perpanjang kemudian enter dan klik garis yang akan diperpanjang lalu enter.

12.) Break (memotong bebas)

Modify – break,klik object lalu enter,kemudian pilih titik awal,kemudian titik kedua kemudian klik.

13.) Chamfer

            Modify – chamfer, klik garis pertama kemudian garis kedua dan klik,namun jika belum sama ukurannya dapat kita atur terlebih dahulu,kemudian baru kita chamfer kembali.

14.) Fillent

Modify – fillent,kita setel radius jika diperlukan dengan menuliskan R,atau langsung klik garis pertama,kemudian garis kedua dan enter.

15.) Explode

Modify – explode,atau pada icon merah berbentuk dinamit,kemudian klik object.Exploude digunakan untuk meledakkan bagian yang telah menyatu agar berdiri sendiri sehingga mudah dalam pemotongan,pengcpy-an,ataupun yang lain,biasannya yang di-explode adalah poylline,blok,dimensi,dan arsir.

16.) Mengdit Polyline

Modify – polyline

_pedit selec polyline :

Object selected is not a polyline

Do you wan to turn it into one ? <Y.

Enter an option [Close / Join / Width / Edit vertex / fit / Spiline / Decurve / Ltypegen / Undo ]:

Joint           : satuan

Edit vertex   : sambungan diperbaiki

Spine          : kurva diperhalus

Decurve      ; kebalikan splin


Responses

0 Respones to "BAB II MEMODIFIKASI BENTUK DASAR 2 DIMENSI"

Posting Komentar

NikkoBull. Diberdayakan oleh Blogger.
Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors