Mencoba Memberi Wawasan

Belajar CNC itu Mudah




Mesin CNC adalah Mesin perkakas yang pelayanan pengoperasiannya menggunakan CNC, sedangkan CNC sendiri adalah suatu system pengendali otonatis yang bekerja menggunakan kode huruf dan angka, yang didalamnya terdapat system computer.
Adapun bentuk dari mesin CNC dapat berupa MESIN MILLING, MESIN TURNING ataupun gabungan dari mesin milling dan mesin turning.

Mesin-mesin CNC memiliki banyak kelebihan dibanding mesin konvensional pada umumnya. Mesin CNC memiliki tingkat ketelitian yang tinggi karena sudah menggunakan teknologi sensor dalam tiap pergerakan sumbunya. Lain jika dibandingkan dengan mesin konvensional yang tergantung pada keahlian operatornya. Selain itu dalam segi kecepatan, mesin CNC juga jauh lebih unggul karena kebanyakan mesin CNC menggunakan spindle dengan kecepatan putaran yang tinggi mencapai puluhan ribu rpm. Karena kecepatan putar yang tinggi, efisiensi kerja pun menjadi meningkat karena hasil pada permukaan benda kerja menjadi sangat halus sehingga tidak perlu lagi diproses dengan mesin gerinda.
Pembuatan kontur-kontur dan geometri yang sulit pun menjadi mudah karena adanya mesin CNC. Terutama mesin CNC keluaran terbaru telah memiliki 5 axis, ditambahkan 2 axis lebih banyak dari mesin-mesin normal yang hanya memiliki 3 axis. Mesin 5 axis dapat mengatur kemiringan secara otomatis. Ketika semua axis digunakan dengan dihubungkan atau dirangkai yang satu dengan yang lainnya, untuk membuat geometri-geometri yang sangat kompleks, dapat dibuat dengan mudah menggunakan mesin CNC. Tetapi keahlian atau kemampuan untuk memprogram geometri dan bentuk-bentuk tersebut tergantung pada skill operator.
Dengan mesin CNC, produksi massal akan lebih mudah dilaksanakan karena satu program dapat digunakan untuk banyak benda kerja. Sehingga hasil akhir keseluruhan benda kerja akan sama tergantung pada settingan awalnya. Tetapi benda kerja tetap harus dicek secara berkala karena keausan pada alat potong pasti akan berpengaruh pada ukuran ataupun kehalusan benda kerja

Ga sah basa-Basi monggo disedot Download


Responses

0 Respones to "Belajar CNC itu Mudah"

Posting Komentar

NikkoBull. Diberdayakan oleh Blogger.
Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors