Mencoba Memberi Wawasan

Struktur Organisasi Perusahaan



BAB I
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

11.      Sejarah Singkat Perusahaan
CV Intech Manufaktur berlokasi di Komplek Bumi Panyilekukan Blok C. 22 No.10 Bandung. CV Intech Manufaktur bergerak dibidang industri manufaktur sebagai perusahaan pembuat part untuk industri otomotif, elektronik, makanan dan lain-lain. Sekarang ini perusahaan dibawah pimpinan Bapak Dindin Sahidin yang dibantu oleh beberapa staffnya, sehingga perusahaan ini telah mulai menghasilkan keberhasilannya dengan cara memasarkan produk part ke beberapa daerah di Indonesia, tentunya dengan pengharapan untuk bisa lebih dari yang diharapkan dan dapat mencapai cita-cita perusahaan. 


22.      Visi, Misi, Motto dan Sasaran Perusahaan
 Visi Perusahaan
         Menjadikan INTECH sebagai perusahaan pembuat part dengan kepresisian tinggi.
Misi Perusahaan
   Memberikan solusi bagi dunia industri (otomotif, elektronik, makanan      dan lain-lain) dalam pengadaan part-part yang memerlukan tingkat kepresisian tinggi.
Motto Perusahaan
Make To Order The High Precision Part.
Sasaran Perusahaan
            Dalam hal ini sasaran yang dimaksud adalah untuk mencapai suatu tujuan perusahaan. Berdasarkan pengertian tersebut maka CV Intech manufaktur menetapkan sasaran sebagai berikut :
1.      Menciptakan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang terampil.
2.      Menjadikan industri manufaktur dengan produktivitas yang tinggi, didasarkan pada efektivitas dan efisiensi kerja.
3.      Menjalin hubungan kerja dengan beberapa perusahaan.
Dalam segi pemasaran, perusahaan ini menyalurkan produk ke berbagai perusahaan yang membutuhkan, diantaranya ada 14 ( empat belas ) perusahaan :
1.      DAISINDO Teknikatama
2.      PERTAMINA
3.      PT FEDERAL IZUMI MFG.
4.      PT INDONESIA EPSON INDUSTRY
5.      PT JAMAVAC
6.      PT KALIBARU
7.      PT NIPSEA PAINT AND CHEMICALS Co.LTD.
8.      PT OMRON MANUFACTURING OF INDONESIA
9.      PT SKF
10.  PT MORIC INDONESIA
11.  PT YAMAHA MOTOR MFG IND.
12.  PT CMP
13.  PT WIKA BETON
14.  PT WIKA INTRADE.
 

BAB II
Struktur Organisasi Perusahaan

11.       Pengertian Struktur
            Struktur adalah hubungan antara berbagai kegiatan yang berbeda, yang dilaksanakan di dalam suatu organisasi.
22.       Pengertian Organisasi
            Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan dalam bukunya “ Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah “ Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
33.       Pengertian Struktur Organisasi
            Menurut The Liang Gie, Struktur Organsisasi adalah kerangka yang mewujudkan pola tetap dari hubungan-hubungan diantara bidang-bidang kerja, maupun orang-orang yang menunjukkan kedudukan dan peranan masing-masing dalam kebulatan kerja sama.
            Suatu struktur organisasi akan memberikan informasi tentang :
1.      Tipe Organisasi, artinya struktur organisasi akan memberikan informasi tentang tipe organisasi yang dipergunakan perusahaan, apa line organization, line an  staff organization, atau  functional organization.
2.      Pendepartemenan organisasi, artinya struktur organisasi akan memberikan informasi mengenai dasar pendepartmenan ( bagian ), apa berdasarkan   fungsi-fungsi manajemen, wilayah, produksi, shif dan lain sebagainya.
3.      Kedudukan, artinya struktur organisasi memberikan informasi mengenai apa seseorang termasuk kelompok manajerial atau karyawan operasional.
4.      Jenis wewenang, artinya struktur organsasi memberikan informasi tentang wewenang yang dimiliki seseorang, apa line authority, staff authority, atau functional authority.
5.      Rentang kendali, artinya struktur organisasi memberikan informasi mengenai jumlah karyawan dalam setiap departemen ( bagian ).
6.      Manajer dan bawahan, artinya struktur organisasi memberikan informasi mengenai garis perintah dan tanggung jawab, siapa atasan dan siapa bawahan.
7.      Tingkatan manajer, artinya struktur organisasi memberikan informasi tentang top manager, middle manager, dan lower manager.
8.      Bidang pekerjaan, artinya setiap kotak dalam struktur organisasi memberikan informasi mengenai tugas-tugas dan pekerjaan-pekerjaan serta tanggung jawab yang dilakukan pada bagian tersebut.
9.      Tingkat manajemen, artinya sebuah bagan tidak hanya menunjukkan manajer dan bawahan secara perorangan, tetapi juga hirarki manajemen secara keseluruhan. Semua karyawan yang melapor kepada orang yang sama berada pada tingkat manajemen yang sama, tidak jadi soal di mana mereka ditempatkan dalam organisasi.
10.  Pimpinan organisasi, artinya struktur organisasi memberikan informasi tentang, apa pimpinan tunggal atau pimpinan kolektif, atau presidium.
 
44.                                                                        Struktur Organisasi
CV INTECH MANUFAKTUR BANDUNG
                   Sumber : CV INTECH MANUFAKTUR

Struktur organisasi yang ada di CV Intech Manufaktur menggunakan struktur organisasi line. Organisasi line adalah suatu bentuk organisasi yang di dalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan dengan bawahan.
            Struktur Organisasi ini diciptakan oleh Henry Fayol dan biasanya organisasi line ini dipakai perusahaan-perusahaan kecil saja. Dalam tipe organisasi line kekuasaan berjalan secara langsung dari atasan ke bawahan, langsung dari manajer kepada orang-orang, sampai setiap orang tercakup di dalamnya. Perintah berasal dari atasan ke bawahan dalam garis langsung.
            Ciri-ciri organisasi line, yaitu :
1.      Organisasinya relatif kecil dan masih sederhana.
2.      Hubungan antara atasan dengan bawahan masih bersifat langsung melalui garis wewenang terpendek.
3.      Pucuk pimpinan biasanya pemilik perusahaan.
4.      Jumlah karyawannya relatif sedikit dan saling mengenal.
5.      Tingkat spesialisasinya belum begitu tinggi dan alat-alatnya tidak beraneka ragam.
6.      Pucuk pimpinan merupakan satu-satunya sumber kekuasaan, keputusan, dan kebijaksanaan dari organisasi.
7.      Masing-masing kepala unit mempunyai wewenang dan tanggungjawab penuh atas segala bidang pekerjaan yang ada dalam unitnya, artinya di samping pekerjaan pokoknya, ia masih berkuasa dan bertanggungjawab pula dalam tugas-tugas tambahan, seperti urusan kepegawaian, keuangan, administrasi, dan lain sebagainya.
            Organisasi line ini ada kebaikan dan keburukannya, yaitu sebagai berikut :
Kebaikan Organisasi Line :
1.      Kesatuan pimpinan dan asas kesatuan komando tetap dipertahankan sepenuhnya.
2.      Garis komando dan pengendalian tugas, tidak mungkin terjadi kesimpangsiuran karena pimpinan langsung berhubungan dengan karyawan.
3.      Proses pengambilan keputusan, kebijaksanaan, dan instruksi-instruksi berjalan cepat.
4.      Pengawasan melekat ( waskat ) secara ketat terhadap kegiatan-kegiatan karyawan dapat dilaksanakan.
5.      Kedisiplinan dan semangat kerja karyawan umumnya baik.
6.      Koordinasi relatif mudah dilaksankan.
7.      Rasa solidaritas dan esprit de corp para karyawan pada umumnya tinggi, karena masih saling mengenal.
Keburukan Organisasi Line :
1.      Tujuan pribadi pucuk pimpinan dan tujuan organisasi seringkali tidak dapat dibedakan.
2.      Ada kecenderungan dan kesempatan pucuk pimpinan untuk bertindak secara otoriter/diktator.
3.      Maju dan mundurnya organisasi bergantung kepada kecakapan pucuk pimpinan saja, karena wewenang menetapkan keputusan, kebijaksanaan, dan pengendalian dipegang sendiri.
4.      Organsisasi secara keseluruhan terlalu bergantung pada satu orang, sehingga jika ia tidak mampu atau berhalangan organisasi terancam kehancuran.
5.      Kaderisasi dan pengembangan bawahan kurang mendapat perhatian, karena mereka tidak diikutsertakan dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian.
6.      Rencana, keputusan, kebijaksanaan, dan pengendalian relatif kurang baik, karena adanya keterbatasan ( limits factor ) manusia.
55.       Deskripsi Jabatan ( Job Description )
            Berdasarkan struktur organisasi di atas, maka staffing dan pembagian tugasnya adalah sebagai berikut :
1. Direktur bertugas mengatur berjalannya sebuah peruahaan, berfungsi sebagai fasilitator, motivator, dinamisator, dan stabilitator dalam perusahaan.
2.  Sekretaris bertugas membantu dalam melaksanakan tugas-tugas baik untuk pimpinan maupun perusahaan.
3.  Kepala Bagian Keuangan bertugas mengatur/menangani masalah keuangan perusahaan, pembayaran upah/gaji karyawan dan lain sebagainya.
4.         Kepala Bagian Pemasaran ( marketing ) bertugas menangani penjualan atau pemasaran produk, menilai layak tidaknya suatu produk untuk dipasarkan, mencatat data-data penjualan, melakukan pengembangan daerah pemasaran baru melalui promosi-promosi dan lain sebagainya.
5.   Kepala Administrasi dan personalia bertugas mengurusi masalah-masalah kepegawaian seperti absensi karyawan, berfungsi sebagai jenjang/jembatan penghubung antara bawahan dan pimpinan, dan lain sebagainya.
6.  Production Planing Control ( PPC ) bertugas sebagai perencana dan mengendalikan produk sesuai dengan pesanan.
7. Kepala Produksi bertugas menangani masalah-masalah administrasi produksi, menerima saran/usul/masukan-masukan dari bagian produksi seperti pembelian mesin-mesin baru ataupun perbaikan alat-alat produksi yang rusak, dan lain sebagainya.
8.    Head Of Quality  bertugas sebagai pemeriksa kualitas suatu produk untuk dipasarkan.
9.  Purchasing bertugas sebagai orang yang memesan atau membeli bahan/material yang akan dijadikan produk.
10.  Kepala Gudang ( Store ) bertugas sebagai pengawas keluar masuk barang setengah jadi ataupun barang jadi.
11.  Sales bertugas dalam mempromosikan produk kepada konsumen.


Responses

0 Respones to "Struktur Organisasi Perusahaan"

Poskan Komentar

NikkoBull. Diberdayakan oleh Blogger.
Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors